ARDUINO DAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA

Nama: Muhammad Afwan Fajri

NIM: 202031003

Kelas: A

Matakuliah: Mikroprosesor


ARDUINO

  Arduino adalah sebuah platform open-source yang digunakan untuk membangun berbagai proyek elektronik. Platform ini mencakup berbagai papan pengembangan (development board) yang memiliki mikrokontroler dan lingkungan pengembangan perangkat lunak (IDE) yang memungkinkan pemrograman perangkat keras (hardware) dengan mudah. Arduino sangat populer dalam dunia hobiis, pembuat (maker), dan proyek-proyek DIY (do-it-yourself) karena sederhana digunakan, memiliki banyak dukungan dan dokumentasi, serta biaya yang terjangkau.



Fungsi Arduino
Fungsi utama Arduino adalah sebagai berikut:

1.Pengendalian Perangkat 
    Arduino dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis perangkat fisik seperti lampu, motor, sensor, dan aktuator lainnya. Dengan bantuan kode pemrograman yang tepat, Anda dapat membuat perangkat elektronik yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

2.Pengumpulan dan Pemrosesan Data
    Arduino juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sensor seperti sensor suhu, sensor kelembaban, sensor cahaya, dan sebagainya. Data ini kemudian dapat diproses dan diolah sesuai kebutuhan.

3.Proyek Otomatisasi
    Arduino sering digunakan dalam proyek-proyek otomatisasi rumah tangga, seperti mengontrol sistem pencahayaan otomatis, sistem irigasi, atau proyek-proyek keamanan.

4.Robotika 
    Arduino dapat digunakan sebagai otak (controller) dalam berbagai jenis robot, baik robot sederhana maupun yang lebih kompleks. Ini memungkinkan pembuat robot untuk mengendalikan gerakan dan tindakan robot dengan mudah.

5.Proyek Kreatif
    Arduino sering digunakan dalam proyek-proyek kreatif seperti instalasi seni interaktif, instalasi pameran, dan banyak lagi. Dengan berbagai sensor dan aktuator yang tersedia, Anda dapat menciptakan proyek-proyek yang unik dan inovatif.

6.Pembelajaran
    Arduino adalah alat yang baik untuk pembelajaran elektronika dan pemrograman. Banyak sekolah dan universitas menggunakan Arduino sebagai alat pembelajaran dalam mata pelajaran ilmu komputer, teknik, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Unit - Unit Arduino
    Berikut adalah penjelasan unit-unit utama yang ada di papan pengembangan Arduino beserta fungsinya:

1. Mikrokontroler



    Mikrokontroler adalah otak dari Arduino. Ini adalah chip yang mengendalikan semua operasi pada papan Arduino. Mikrokontroler yang paling umum digunakan dalam Arduino adalah keluarga ATmega yang diproduksi oleh Microchip Technology. Fungsinya adalah menjalankan kode program yang Anda tulis dan mengendalikan perangkat lain yang terhubung ke papan Arduino.


2. Pin Digital


    Arduino memiliki beberapa pin digital (biasanya diberi label dengan angka) yang dapat dikonfigurasi sebagai input atau output. Fungsi pin digital sebagai input adalah untuk menerima sinyal atau informasi dari perangkat lain, sedangkan sebagai output, pin ini mengirimkan sinyal untuk mengendalikan perangkat eksternal seperti LED, motor, atau relay.


3. Pin Analog 


    Beberapa pin pada Arduino mendukung fungsi analog (biasanya diberi label dengan tanda "~" atau "A"). Fungsi pin analog adalah untuk membaca nilai analog dari sensor seperti sensor suhu atau sensor cahaya. Nilai analog adalah nilai yang berkisar dalam rentang tertentu, berbeda dengan nilai digital yang hanya 0 atau 1.


4. GND (Ground)




    GND adalah koneksi tanah yang digunakan sebagai referensi nol dalam sirkuit elektronik. Semua perangkat dalam sirkuit biasanya memiliki koneksi GND yang harus dihubungkan bersama untuk memastikan referensi yang benar dalam operasi sirkuit.


5. Vin (Voltage In)



    Vin adalah koneksi yang digunakan untuk memberikan tegangan masukan eksternal ke Arduino. Ini berguna jika Anda ingin memberikan daya kepada Arduino melalui sumber daya eksternal yang tidak melalui USB atau sumber daya onboard.


6. USB Port

    Arduino memiliki port USB yang digunakan untuk menghubungkan papan dengan komputer. Ini memungkinkan Anda untuk mengunggah kode program ke Arduino, berkomunikasi dengan komputer melalui kabel USB, dan juga memberikan daya kepada Arduino.


7. Reset Button



    Tombol reset adalah tombol yang digunakan untuk mengatur ulang (reset) papan Arduino. Ini digunakan jika Anda ingin memulai ulang program yang berjalan atau mengunggah kode baru ke papan.


8. LED Indikator



    Arduino biasanya memiliki beberapa LED onboard yang dapat digunakan untuk memberikan indikasi status atau pemantauan aktivitas. Sebagai contoh, ada LED yang menunjukkan jika Arduino mendapatkan daya dan LED lain yang dapat Anda kendalikan dalam kode program Anda.


9. Konektor Eksternal



    Arduino juga memiliki header atau konektor eksternal yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat tambahan seperti modul ekspansi, sensor, dan perangkat lainnya.


10. Regulator Tegangan



    Arduino dilengkapi dengan regulator tegangan yang memungkinkan Anda memberikan daya melalui koneksi yang sesuai dengan tegangan yang diperlukan oleh mikrokontroler. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan daya dari berbagai sumber seperti baterai atau adaptor.


KOMPUTER DARI MASA KE MASA

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah diprogram. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Pada awalnya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri atas beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Konsep komponen-komponen komputer ini berasal dari arsitektur von Neumann, ketika John von Neumann memaparkan arsitekturnya pada 1945.

Komputer Generasi Pertama (1940-1956)

Perangkat yang pertama ini ternyata dikembangkan untuk desain peluru kendali dan pesawat. Penggagas komputer generasi pertama adalah Konrad Zuse, seorang insinyur dari Jerman. Komputer ini memanfaatkan tabung hampa udara untuk sirkuit dan drum magnetik sebagai memori.

Komputer generasi pertama ini dikenal sangat mahal dan besar, loh! Besarnya hingga bisa menempati seluruh ruangan. Contohnya ENIAC, komputer pertama di dunia yang memiliki tinggi 2,4 meter, panjang 30 meter, dan berat 30 ton.

Komputer generasi ini juga mengandalkan machine language, yakni level bahasa pemrograman paling rendah yang dimengerti komputer. Bahasa pemrograman ini hanya dapat menyelesaikan satu perhitungan setiap waktu, dan untuk menyetel perhitungan baru membutuhkan berhari-hari bahkan berminggu-minggu.


Komputer Generasi Kedua (1956-1963)

Ditemukannya transistor pada masa ini mengubah tampilan komputer generasi pertama. Perkembangan generasi kedua menjadi awal perkembangan komputer dengan digantinya tabung hampa dengan transistor.

Transistor memungkinkan komputer jadi lebih kecil, murah, cepat, dan hemat energi. Selain itu, pada generasi kedua memori inti magnetik juga mengalami perkembangan.

Secara umum, komputer generasi ini sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, kapasitas memori sudah cukup besar, lebih hemat listrik, dan proses operasinya lebih cepat.



Komputer Generasi Ketiga (1964-1971)

Komputer generasi ketiga ditandai dengan pengembangan integrated circuit. Dalam pemakaiannya, transistor menjadikan komputer cepat panas. Hal ini yang mengakibatkan komputer generasi kedua mulai digantikan.

Lalu pada 1958, Jack Billy menciptakan IC atau Integrated circuit chip. IC ini adalah kepingan kecil yang dapat menampung berbagai komponen menjadi satu. Jadi, komputer generasi ketiga memiliki ukuran lebih kecil, cepat, dan murah. Komputer generasi ini juga memungkinkan untuk dipasarkan secara umum. 



Komputer Generasi Keempat (1971-sekarang)

Komputer generasi keempat memiliki terobosan berupa mikroprosesor yang dapat menyatukan ribuan IC ke dalam sebuah keeping silicone.

Kalau komputer generasi pertama yang besarnya bisa menempati seluruh ruangan, komputer generasi keempat sudah dapat digenggam manusia.

Pada masa ini, mulai muncul juga laptop yang dapat dibawa kemana-mana. Seiring waktu, mereka pun dapat dihubungkan dalam sebuah jaringan, yang kemudian menjadi awal perkembangan internet.



Komputer Generasi Kelima (sekarang-masa depan) 

Nah, komputer yang kita gunakan sekarang ini adalah komputer generasi kelima. Ditandai dengan adanya LSI atau large scale integration dimana ribuan mikroprosesor dapat dipadatkan dalam sebuah mikroprosesor. Komputer ini juga ditandai dengan kemunculan semikonduktor.

Penggunaan nano technology dan komputer quantum juga akan merubah penampilan komputer yang kita kenal sebelumnya. Komputer generasi kelima dikembangkan untuk bisa merespon suara bahasa dan mampu belajar secara sadar.





Komentar